Cara Memblokir Pengguna Wifi Smartfren M3Y

Sebelum saya menjelaskan tutuorial Cara memblokir pengguna wifi Smartfren M3Y, saya ingin sedikit curhat kepada kalian semua. Barang kali diantara kalian ada yang bernasib sama seperti yang saya alami beberapa waktu lalu.

Pada suatu hari, saya akhirnya membeli sebuah modem wifi merk Smartfren M3Y karena saya sangat membutuhkan koneksi internet yang stabil dan murah untuk keperluan saya dalam dunia blogging. Pada awalnya sebelum saya membeli Modem Wifi ini, istri saya sudah mewanti-wanti atau memperingati saya agar tidak membagi-bagikan koneksi modem wifi kepada orang lain termasuk teman-teman saya. Berhubung istri saya adalah pemegang mutlak keuangan, terpaksa saya menuruti nasihatnya.

Selang beberapa hari, saya menggunakan wifi hanya untuk saya sendiri dan istri. Sampai akhirnya kejadian itupun terjadi.

Baca juga Cara mengatasi Iphone dan Ipad yang lemot

Baca Juga Download Software SEO Pinger Gratis

Saya tidak sdar meletakkan modem wifi smartfren m3y milik saya di meja kerja. Alhasil salah satu teman melihat modem wifi yang saya miliki. "wah, modem wifi baru nihi, boleh tuh?"


Beberapa hari kemudian, Wifi milik kantor sedang terjadi gangguan. Teman saya yang kemarin akhirnya meminta password wifi modem wifi milik saya agar dia tetap bisa internetan di kantor. Yah, untuk saya sih itu tidak masalah karena pada dasarnya saya bukan orang yang pelit dan perhitungan.

Beberapa hari beralalu, teman saya masih sering "numpang" wifi dari modem wifi smartfern milik saya.  Sekali lagi saya tegaskan, saya bukan orang yang perhitungan atau pelit.

Tetapi, lama kelamaan saat saya ber-internet ria, selalu saja koneksi internet milik saya lemot saat dibagikan sambungan ke teman. Ternyata eh ternyata, dia menggunkana wifi yang saya berikan hanya untuk steraming video yang tidak terlalu penting di youtube. Lagi-lagi saya tekankan kepada kalian semua, saya bukanlah orang yang perhitungan dan pelit.

Sampai akhirnya saya merasa kesal sendiri karena kecepatan internet saya melambat saat wifi saya dipakai bersama teman. Alhasil, saya sudah kehabisan kesabaran karena teman saya tersebut tidak sadar akan dirinya sendiri yang hanya "numpang" wifi.

Saya coba-coba buka pengaturan Admin Modem smartfren untuk mencari apakah ada fitur untuk memblokir pengguna lain agar tidak bisa menggunakan wifi saya. Dan akhirnya, saya menemukan cara yang ampuh untuk memblokir pengguna wifi lain selain yang saya kehendaki.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1. Ketik Url di browser milik kamu dengan alamat 192.168.1.1

2. Login ke pengaturan Admin dengan cara klik Login

Cara Memblokir Pengguna Wifi Smartfren M3Y


3. Masukkan ussername dan password admin control modem wifi kamu. 

Username (Default) : admin

Password (Default) : admin

Lalu, klik LOGIN

Cara Memblokir Pengguna Wifi Smartfren M3Y



4. Lalu, klik Setting

Cara Memblokir Pengguna Wifi Smartfren M3Y


5. Pilih Advence, kemudian pilih Mac Filter



6. Pada bagian Mac Filter Mode, Gantilah menjadi Black List.




7. Di bagian Userlist, itu adalah para pengguna wifi. Perhatikan pada bagian MAC


a. Daftar pengguna

b. Alamat MAC pengguna

c. Tempat untuk menambahkan alamat MAC pengguna yang akan di blokir



8. Jadinya akan seperti ini jika sudah dimasukkan.



9. Klik APPLY.



Selamat, modem wifi Smartfren Andromax M3Y milik kamu sudah terselamatkan. Untuk beberapa jenis dan tipe modem wifi cara untuk memblokir pengguna, tidaklah jauh berbeda.




Sekali lagi saya tekankan, Dan lagi-lagi saya tekankan. Saya bukan orang yang pelit hehehehe.



Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »